Jenis-jenis mesin bubut


Secara umum jenis-jenis mesin bubut dapat dibagi menjadi 4 yakni; Bubut Khusus, Bubut dengan Komputer (CNC), Universal,  Konvensional. Keempatnya memiliki prinsip kerja  yang sama. Adapun harga mesin bubut sangat bergantung pada jenis dan kapasitas, CNC lebih mahal daripada konvensional.
Jenis mesin bubut

Mesin bubut khusus, dibuat dengan tujuan membubut material tertentu, misalnya khusus untuk logam (baja, tembaga, dan lain-lain). Jenis mesin bubut khusus berdasarkan fungsi, contoh; menghaluskan permukaan, pembuatan benda kerja, pengirisan, pelobangan logam dan lain-lain.

Mesin bubut dengan komputer (CNC) ada dua golongan yakni; Training Unit dan Production Unit. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, Training Unit (CNC TU) biasa digunakan untuk logam-logam lunak, dan sesuai dengan namanya mesin ini sering digunakan untuk training pembuatan CNC system. Mesin bubut CNC Production unit digunakan untuk membproduksi benda kerja dalam jumlah besar, memiliki kecepatan dan kapasaitas yang besar, sehingga digunakan dalam industri produksi benda kerja. Seluruh gerakan dan aktivitas CNC ini sudah terkontrol dengan baik oleh program komputer, sehingga tingkat ketelitian, akurasi dan presisi sangat tinggi.
CNC Laser Cutting Machine
Mesin bubut universal, dapat mengerjakan berbagai jenis fungsi pembubutan dalam satu unit mesin, seperti penghalusan, pengirisan, pelobangan (pembor) secara terpisah ataupun sekaligus. Harga mesin bubut universal ini cukup mahal dan cocok untuk industri sekala besar.

Mesin bubut konvensional (manual), banyak ditemukan di Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti bengkel. bubut ini dioperasikan secara manual dan setiap mesin berbeda fungsi, seperti penghalus tidak bisa digunakan untuk pengebor dan sebaliknya. Jenis konvensional harganya paling murah, kekurangannya sulit mendapatkan akurasi kerja secara berulang-ulang sebab tidak menggunakan program komputer, akurasi kerja sangat mengandalkan ketelitian operator.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: