Wednesday, April 24, 2013

Jenis-jenis mesin bubut

Secara umum jenis-jenis mesin bubut dapat dibagi menjadi 4 yakni; Mesin Bubut Khusus, Bubut dengan Komputer (CNC), Mesin Bubut Universal, Mesin Bubut Konvensional. Keempat jenis mesin ini memiliki jenis yang berbeda dengan prinsip kerja pembubutan yang sama. Adapun harga mesin bubut sangat bergantung pada jenis dan kapasitas mesin tersebut, jenis CNC merupakan mesin termahal dan mesin bubut konvensional merupakan mesin termurah yang bisa ditemukan di pasaran (toko mesin).

Jenis mesin bubut
Mesin bubut khusus, mesin bubut khusus ini ada yang khusus berdasarkan bahan yang akan dibubut seperti jenis logam; bubut baja, bubut tembaga dan lain-lain. Kekhususan mesin bubut juga didasarkan pada fungsinya, septi; untuk menghaluskan permukaan, pembuatan benda kerja, pengirisan, pelobangan logam dan lain-lain.

Mesin bubut dengan komputer (CNC) ada dua golongan mesin ini yakni; Training Unit dan Production Unit. Kedua jenis itu memiliki fungsi yang berbeda, Training Unit (CNC TU) biasa digunakan untuk logam-logam lunak, dan sesuai dengan namanya mesin ini sering digunakan untuk training pembuatan CNC system. Mesin bubut CNC Production unit digunakan untuk membproduksi benda kerja dalam jumlah besar, mesin ini memiliki kecepatan dan kapasaitas yang besar, sehingga digunakan dalam industri produksi benda kerja. Seluruh gerakan dan aktivitas mesin CNC ini sudah terkontrol dengan baik oleh program komputer, sehingga tingkat ketelitian dan akurasi produksi berulang secara missal lebih terjamin dibandingkan dengan menggunakan mesin bubut lainnya.
CNC Laser Cutting Machine
Mesin bubut universal, adalah jenis mesin bubut yang dapat mengerjakan berbagai jenis fungsi pembubutan dalam satu mesin, seperti penghalusan, pengirisan, pelobangan (pembor) secara terpisah ataupun sekaligus dalam satu mesin. Harga mesin bubut universal ini cukup mahal dan cocok untuk industri sekala besar.

Mesin bubut konvensional (manual), nah ini adalah mesin bubut yang banyak ditemukan di Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti bengkel. Mesin bubut ini dioprasikan secara manual dan setiap mesin berbeda fungsi, seperti penghalus tidak bisa digunakan untuk pengebor dan sebaliknya. Mesin bubut konvensional harganya paling murah, kekurangan mesin ini sulit mendapatkan akurasi kerja secara berulang-ulang sebab tidak menggunakan program komputer, akurasi kerja sangat mengandalkan ketelitian operator mesin.

0 comments: