Jenis dan harga mesin laundry – pencuci dan pengering


Laundry atau jasa cuci pakaian/ kain merupakan salah satu usaha yang prospektif saat ini, banyak kota-kota kabupaten atau kota kecamatan yang belum ada usaha londry ini, baik laundry kiloan atau laoundry per item. Kendala yang dihadapai untuk membuka londry terletap pada penyediaan mesin untuk pencuci dan pengering yang dapat bekerja cepat. Selain itu harganya tidak sama dengan harga mesin cuci biasa untuk skala rumahan, harga mesin laundry jauh lebih mahal. Merek yang banyak dicari pengusaha saat ini adalah Elektrolux, Zerowatt dan Modena.

Update: Berikut beberapa harga mesin loundry terbaru tahun 2016:

  • Dryer (mesin pengering) Speed Queen 12 KG harga: Rp 12.000.000 (banyak dijual di pasaran)
  • Mesin Pengering Gas INOE harga pasaran Rp. 6.350.000,- (info gambaran produk coba hubungi 0857-2560-6878)
  • Mesin Pengering Mr. Wash Kapasitas 15 Kg Rp. 17.500.000,- Info lebih lanjut: hubungi CV. Kartika Diamond 024-850-8224


mesin loundry
Ilustrasi mesin loundry sumber wikipedia

Jenis mesin-mesin loundry yang perlu dimiliki untuk memulai usaha cuci pakaian ini antara lain:
  1. Mesin cuci kapasitas besar, kalau bisa minimal 20 Kg sehingga ketika orderan banyak tetap bisa dikerjakan secepatnya. Pilihan kapasitas diantaranya; 16, 20, 40, 70 dan 100 Kg. semakin besar kapasitasnya semakin mahal harganya.
  2. Mesin pengering kapasitas besar, ini sering juga disebut dengan dryer, kapasitasnya juga beragam , seperti yang digunakan tetangga saya adalah merek hitako dengan kapasitas 55 Kg
  3. Setrika listrik dan strika uap.
Sering sekali ada pertanyaan, apakah mesin londry yang baik itu terpisah antara pencuci dengan pengering? Maka jawabannya betul. Pada proses pencucian sering sekali terjadi belitan antara satu pakaian dengan pakaian lain, pada roses pengeringan belitan ini bisa jadi semakin kuat dan menyebabkan kain koyak. Kain koyak akan menjadi tanggung jawab pihak londry. Tapi jika ingin praktis tentu saja mesin londry yang menyatu antara pencuci dan pengering. Berapa harga mesin londry saat ini? harga  sangat bergantung kepada tempat anda berada, kapasitas dan merek. Sebagai gambaran harga mesin londry satu set di Balige adalah Rp. 40.000.000,- yang didapatkan diantaranya; mesin cuci, pengering gas, strika uap, chemical londry, vacuum table dan jasa instalasi londry.

Mungkin harga satu set mesin lundry dan perlengkapannya akan lebih murah bila anda membuka londry tersebut di kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang, bandung, Bogor, Yogyakarta dan lainnya. sebab akan dikurangi dengan biaya transportasi petugas pemasang instalasi dan harga pengiriman.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

1 komentar:

Unknown mengatakan...

dimana ya saya bisa memesan mesin cuci ataupun pengering hitako.atau adaah no telp yang bisa saya hubungi?